Singkarak

Obyek wisata Danau Singkarak membentang di dua kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia, yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar.

Danau ini memiliki luas 107,8 km² dan merupakan danau terluas ke-2 di pulau Sumatera. Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Namun sebahagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak[1] di dekat Lubuk Alung, kabupaten Padang Pariaman.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Danau Singkarak berada pada letak geografis koordinat 0, 36 derajat Lintang Selatan (LS) dan 100,3 Bujur Timur (BT) dengan ketinggian 363,5 meter diatas permukaan laut (mdpl). Luas permukaan air Danau Singkarak mencapai 11.200 hektar dengan panjang maksimum 20 kilometer dan lebar 6,5 kilometer dan kedalaman 268 meter. Danau ini memiliki daerah aliran air sepanjang 1.076 kilometer dengan curah hujan 82 hingga 252 melimeter per bulan.

Seperti danau – danau lainnya di Indonesia, di danau ini juga disediakan perahu – perahu yang bisa disewa bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan danau ini dari dekat. Bahkan di saat -saat tertentu diadakan lomba balapan perahu tingkat lokal dan nasional  untuk menambah daya tarik danau Singkarak ini.

Di danau ini hidup beberapa spesies ikan. Tercatat hanya 19 spesies ikan yang hidup di danau ini, membuktikan bahwa ketersediaan bahan makanan dan nutrisi utama untuk ikan sangat terbatas. Ada satu jenis spesies asli danau ini yaitu ikan Bilih (Mystacoleusus Padangensis) yang hanya bisa hidup di danau ini, dan tidak bisa dibudidayakan meskipun menggunakan keramba apung di danau itu sendiri. Sobat bisa menikmati kelezatan ikan Bilih tersebut dengan membelinya di berbagai kios di sekitar danau yang menjual ikan tersebut.

Untuk menuju ke danau Singkarak ada beberapa cara. Bila sobat dari kota Padang bisa naik mobil atau kendaraan umum lewat kota Solok dengan jarak 85 km atau lewat kota Padang Panjang dengan jarak 90 km, dengan biaya sekitar Rp 25.000 – Rp 40.000. Bila sobat ingin meyewa mobil tarifnya Rp 400.000 per hari. Sedikit saran sebaiknya sobat pulang pergi ke danau Singkarak tersebut dengan rute yang berbeda karena pemandangan di kedua rute tersebut yang indah melewati perbukitan dan berkelok – kelok. Disana juga tersedia kereta wisata jalur Padang Panjang – Solok – Sawahlunto yang melintasi tepi danau singkarak.

Memang Indonesia adalah negara yang kaya dan sudah kewajiban kita sobat untuk terus menjaganya agar anak cucu kita bisa menikmati karya agung Yang Maha Kuasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s