Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Keraton yogyakarta  adalah Istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat terletak di kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Meskipun kekaisaran telah resmi menjadi bagian dari Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks keraton Yogyakartaini masih bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal dan rumah tangga istananya yang merupakan tradisi kesultanan yang masih berjalan saat ini. keraton yogyakarta ini sekarang juga salah satu objek wisata di kota Yogyakarta. Bagian dari kompleks keraton yogyakartaadalah sebuah museum yang menyimpan berbagai koleksi kesultanan, termasuk berbagai hadiah dari raja-raja Eropa, pusaka replika dari istana, dan gamelan. Dalam hal bangunan, keraton yogyakartaini adalah salah satu contoh arsitektur istana Jawayang terbaik, memiliki ruang aula-mewah dan pitch dan area paviliun.

Keraton yogyakarta mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono 1 beberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Lokasi istana ini konon bernama Garjitawati mantan pesanggarahan. Wisma ini digunakan untuk memecahkan prosesi pemakaman Raja-Raja Mataram (Kartasura dan Surakarta) yang akan dimakamkan di Imogiri. Versi lain menyatakan lokasi istana adalah musim semi, Pacethokan Panji, yang berada di hutan Beringan. Sebelum menduduki kraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono I tinggal di Pesanggrahan Ambar Ketawang yang sekarang termasuk Kabupaten Sleman Dalkeith.

Secara fisik, keraton yogyakartaSultan Yogyakarta memiliki tujuh kompleks inti yang Siti Hinggil Ler (Hall Utara), Kamandhungan Ler (Kamandhungan Utara), Sri Manganti, Kedhaton, Kamagangan, Kamandhungan Selatan (Kamandhungan Selatan), dan Siti Hinggil Selatan (South Hall). Selain itu Keraton Yogyakarta memiliki berbagai warisan budaya baik dalam bentuk upacara dan benda-benda kuno dan bersejarah. Di sisi lain, Keraton juga merupakan institusi tradisional lengkap dengan pemangku kepentingan adat. Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa nilai-nilai filsafat serta mitologi mengelilingi Keraton Yogyakarta. Dan itulah sebabnya pada tahun 1995 istana kompleks Kraton Ngayogyakarta dicalonkan untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s